Bakmi Jawa dan Nasi Kalong

28Feb08

Lagi bingung pengen nulis tentang apa. Entah,kayaknya lagi pengen banget bulis, tapi pikiran serasa kosong. Padahal biasanya kejadian sehari-hari di sekitar lingkungan saya jadi sumber inspirasi buat nulis. Makanya tulisan kali ini gak usah serius-serius amat. Maklum, otak ini rasanya lagi males buat mikir njlimet n mbulet. Kita penyegaran dulu. Nah, sekarang, saya akan cerita tempet makan enak hasil wisata kuliner saya beberapa hari ini.

Tempat pertama, Bakmi Jawa DU67. Amazing, fascinating, and interesting, gitu kali ya komentar saya, kalau jadi jurnalis di majalah Time, mengomentari makanan dan, tentu saja, suasana tempat makan di Bakmi Jawa DU67. Seperti namanya, bakmi jawa DU67 terletak di jalan Dipati Ukur nomer 67, depan ITHB alias Institut Teknik mengHarap Bandung..eh Bangsa..hehehe. Waktu mampir ke tempat ini, saya menyantap bakmi godhog (rebus) campur, artinya bakmi rebusnya pakai campuran bihun dan mie biasa, plus ditemani ama secangkir teh poci nikmat dengan khas gula batunya. Hmm..yummy pisan euy. Rasa gurih n bau masakan yang dimasak secara alami pakai arang benar-benar membuai perasaan yang lagi sepi ini. Loh kok malah jadi sentimentil ya ?hehehehe. Tapi, memang kok, makan ditempat ini menerbangkan ingatan saya akan suasana khas kota asal saya, Yogyakarta, beserta beribu kenangan indah yang menyertainya..:-P. Pokoknya serasa ngga di Bandung lah. Apalagi ditambah tembang jawa dan interior tempatnya yang khas Gunung Kidul. Buat tambahan informasi, Gunung Kidul ini adalah salah satu kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang relatif masih ndeso :-)). Jadi, kalo saya bilang interior rumah makannya khas Gunung Kidul, itu berarti bersuasana kampung alias memakai dinding dari anyaman bambu dan dengan meja kayu yang klasik punya. Tapi, don’t worry, tempatnya bersih n cozzy punya kok. Jangan bayangin beneran kayak di Gunung Kidul sono, ngga ada kok belalang berloncatan n ular melingker di tiang bambunya plus kecoa berlarian dengan riangnya kesana kemari, ngga..sama sekali ngga. Ups..sori jadi berlebihan. Mohon maaf buat para barudak Wonosari.

Menu lain di Bakmi Jawa DU67 berkisar antara mie goreng, nasi goreng, n capcay. Tapi, jangan salah ya, rasanya tentu beda dengan nasi goreng, bakmi goreng, n capcay yang suka mangkal di tepian jalan Kota Bandung. Ini mah spesial asli Gunung Kidul. So, bakalan lebih cihuy deh rasanya. Masalah harga juga gak mahal-mahal amat, antara 9000 -12000 buat makanan, trus sekitar 1000-3500 buat harga minuman.

Tempat kedua, Nasi Kalong di depan China Emporium, jalan Riau. Ini nasi khas banget. Nasinya diberi bumbu kluwak, sehingga warnanya hitam dan berasa khas. Mirip ama warna kulit kalong (kelelawar) yang item punya, tapi minus rasa kulit kalong yah..hihihi. Lauk pauknya juga ngga kalah asoy. Kita bisa milih lauk, mulai dari kering tempe, telur orak-arik, Ayam Kalong, Ayam bumbu madu, sambal daging, ampe buncis bakar yang rasanya khas n mak nyuus.Harga juga relatif terjangkau,paling-paling habis 7000-15000 an. Tapi kalo ke tempat ini, kudu datang pas abis jam 21.00 WIB. Di depan China Emporium juga masih banyak lagi pilihan masakan lainnya. Cuman, ngga sempat icip-icip, soalnya saya datangnya udah agak maleman, abis nonton film Jumper di BIP, jadi udah agak ngantuk, tambah lagi takut tambah melar ni perut kali kebanyakan makan pas sebelum tidur. Bisa merusak program diet saya tahun ini nih…hehehhe.

Ok kalo gitu…saya akhiri saja Culinair Adventure saya kali ini. Moga-moga bisa nambah referensi tempat makan buat yang membaca. Tolong doain ye..biar saya ditambah rejeki n dikasih kesehatan. Jadi, bisa berpetualang lagi di jalan kuliner yang penuh onak dan duri ini, terutama duri ikan..hehehhe..Piss

Advertisements


3 Responses to “Bakmi Jawa dan Nasi Kalong”

  1. makanan semua ini… lagi demam kuliner?

    hooh ni..deman ampe panas dingin..obatnya apa ya??:-D

  2. wah jadi consultan kuliner ya pak??!!

    http://sulistyaadhi.wordpress.com


  1. 1 HOMESCHOOLING HOME SCHOOLING SEKOLAH PERSAMAAN SD SEKOLAH PERSAMAAN SMP - Welcome to my blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: