Spesialisasi

30May07

Hari rabu nan indah, ngga ada kerjaan di “kantor” tercinta, plus suasana bandung yang dingin dan berangin, membuat kegiatan blog walking saya semakin intens saja. Cukup banyak saya menyambangi blog hari ini. Mengamati tulisan demi tulisan dalam berbagai blog tersebut, membuat saya bisa mengategorikan tulisan-tulisan itu dalam dua jenis, tulisan bersifat umum dan tulisan terperinci.

Tulisan yang ditulis secara umum biasanya ditulis oleh orang yang hanya mempunyai pengetahuan sedikit mengenai bahan tulisannya. sedangkan tulisan yang terperinci, biasanya penulisnya seorang profesional di bidangnya atau seorang akademisi dengan tulisan sesuai dengan latar belakang keilmuannya. Blog pun sebenarnya bisa dikategorikan seperti itu. Blog yang berisi hal-hal umum, dan blog berisi hal-hal spesifik.

Membaca tulisan yang terperinci memang asyik banget. Ada tambahan pengetahuan baru bagi saya . Tulisannya juga enak dibaca. Runtut, dan tidak berputar-putar. Logika berpikirnya juga jelas, sehingga kita bisa menikmatinya tanpa wajah berkerut. Pokoknya informatif sekali.

Membaca tulisan yang terperinci membuat saya menghargai sebuah kata, spesialisasi. Kata tersebut menyentak kesadaran saya sejujurnya. Pada akhir masa kuliah saya saat ini, saya menyadari, latar belakang keilmuan saya sebenarnya kurang terspesialisasi. Ya, keilmuan teknik industri memang secara tidak langsung mengkondisikan saya untuk mengetahui tentang sedikit hal namun di banyak bidang sebagai bekal agar dapat berpikir sistemik. Sebenarnya ada penjurusan keilmuan di program studi Teknik Industri ITB, seperti fokus pada sistem manufaktur, manajemen, sistem informasi, atau ergonomi. Sayangnya, karena riwayat akademis saya yang kurang terprogram sejak awal, akhirnya saya seperti meloncat-loncat dari satu bidang ke bidang lainnya. Sebagai contoh, KP saya tentang sistem informasi, kuliah pilihan kebanyakan bersentuhan dengan sistem informasi dan manajemen, saya mantan asisten mata kuliah di lab. manufaktur, sedangkan TA saya tentang manajemen SDM.

Ketidaspesialisasian saya sebenarnya sedikit menguntungkan. Saya bisa saja diajak ngobrol tentang banyak hal. Tentang keilmuan sosial ? kalo ngobrol2 mengenai politik, budaya, pendidikan, dan ilmu komunikasi, bolehlah saya layani. Tentang agama ? sok aja atuh. Tentang engineering ? sudah pasti ayuk lah!. Nah, tapi jika anda membutuhkan saran secara terperinci mengenai hal-hal diatas, dengan senyum simpul, saya akan menyarankan anda merujuk kepada sumber2 informasi yang lebih terpercaya.

Jadi ingat perkataan dosen pembimbing saya,”Mas, tahu dokter spesialis syaraf mata?”.” Ndak pak”, balas saya.”Ada dokter umum, ada dokter spesialis mata, lalu baru, dokter spesialis syaraf mata. Nah, di situlah posisi saya di bidang penggajian pegawai/SDM”, katanya dengan tatapan mata tajam. Well, dia memang dosen yang berhasil menurut saya. Mengajarnya enak, sangat menguasai, dan banyak dipakai perusahaan sebagai konsultan SDM, atau lebih spesifik, sistem manajemen SDM. Dia spesialis dan berhasil. Lalu, spesialisasi saya dimana ya..? (sambil melihat ke langit di atas gedung Sabuga).

Advertisements


4 Responses to “Spesialisasi”

  1. 1 trian

    spesialisasi-mu? berburu makan dan … :p

    *TA-mu piye ngger??

  2. 2 egi

    ganti templet nih ceritanya? he he, numpang mampir dan baca. Kapan lulus? he he.
    Saya link blognya ya Mif 😉

  3. 3 Agung

    Anak ITB, katanya, jago di semua bidang kecuali jurusannya he he he

    Selamat Mif, Anda orang yang berhasil membuat saya mulai serius memikirkan topik : “ganti template”

  4. 4 debby citra dewi

    spesialisasi”-[‘.
    jgn sampe nyasar… 🙂
    kapan wisuda, bln dpn kan!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: