Konsisten

31Mar07

Suatu hari, saya ngobrol-ngobrol sama temen2 yang kebetulan satu SMA. Obrolan ringan itu nyangkut ke cerita2 kehidupan mahasiswa para pengurus unit kerohanian waktu kita SMA. Ternyata kehidupan mereka terkadang sangat bertolak belakang dengan “seruan-seruan” mereka dahulu. Ada penggedenya yang masuk ke jurusan Kehutanan UGM, eh, malah bener2 jadi orang hutan. Ada yang dulu menjaga pergaulan, sekarang malah berbuat kebalikannya. Sebenarnya cerita-cerita kayak begitu sudah sering mampir ke telinga saya. Namun, sekarang terasa menarik karena saya sudah menjadi mantan pengurus unit kerohanian di kampus. Sebuah posisi yang hampir sama dengan orang-orang yang menjadi pembicaraan kami.


Jadi terpikir, ternyata menjaga konsistensi antara “seruan” melalui kata-kata dan perbuatan sangatlah berat. Kata-kata indah dan ideal mengenai kebenaran seakan menjadi hampa jika bercermin ke dalam perbuatan yang terlihat. Teringat juga tentang berita kemurkaanNya di Al-Qur’an jika perkataan kita tidak sejalan dengan perbuatan. Konsekuensi pedih sebuah ketidakkonsistenan.


Konsistensi memang menjadi keharusan, terutama kepada “penyeru-penyeru” suara kebenaran. Orang-orang yang secara tidak langsung menjadi contoh bagaimana kebenaran dijalankan. Menjadi Uswatun hasanah (teladan yang baik) bagi orang-orang di sekitarnya. Sayang, jika ketidakkonsistenan hanya menjadikan jengah akan seruan kebenaran. Seakan kata-kata manis dari mulut sang penyeru merupakan topeng kemunafikan dirinya.


Katakanlah, aku beriman kepada Allah dan beristiqomahlah (konsisten) kamu. Itulah pesan Sang Rasulullah mulia kepada umatnya ketika menjelaskan tentang Islam pada seorang sahabat. Pesan tambahan setelah suruhan untuk beriman, karena beriman tak semudah berjalan lurus dari gerbang depan hingga ke gerbang belakang ITB.

 

Dari rumah lama

Advertisements


No Responses Yet to “Konsisten”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: