Islam Seperti Apa ?

19Feb07

Sebuah postingan pada suatu milis berhasil menumbuhkan berbagai pertanyaan dalam benak saya. Dalam postingan tersebut, sang pengirim menyatakan bahwa para pemegang pemerintahan Indonesia saat ini dapat dianggap telah murtad dari keislamannya, dan oleh karena itu tidak dapat disalahkan jika terjadi perlawanan secara fisik terhadap pemerintah atau penyerangan terhadap berbagai tempat di Indonesia sebagai wujud perang fisik, seperti yang dilakukan oleh Imam samudera dkk. Dengan menampilkan ayat-ayat dalam Al qur’an, bertambah meyakinkan pula postingan tersebut. Ditambah lagi, baru saja saya menonton film Long road to Heaven di Blitz Megaplex (Asyik bgt bioskopnya..nyaman euy..tp mahal..hiks).

Membaca postingan itu dan juga menilik pula link2 yg ditulis sebagai rujukan, seakan terpampang sebuah wajah keislaman yg tegas dan keras. Bukan kelembutan dan ajaran penuh cinta (so..ngga pas bg anda penggemar warna pink kalo membacanya..lho kok?:-D). Terbayang pula sosok sang Nabi membawa pedang dalam berbagai perang melawan kaum kafir.

Jika saya belum pernah menyelami bentuk keislaman yang lain, tentu saja saya akan menganggap jalan perjuangan melawan kemunkaran secara face 2 face atau head 2 head (ato ear 2 ear juga ?..hehhe) alias pake jalan perang fisik adalah jalan satu2nya yang paling benar dalam menegakkan agama saya. Meskipun sebuah jihad qital (jihad lewat perang) merupakan salah satu jalan perjuangan, akan tetapi untuk saat ini saya masih yakin jalan kebangkitan Islam bukan lewat perang, akan tetapi lewat pemberantasan kebodohan dan kemiskinan dalam tubuh umat.

Jikapun ada perang, tidak tepat rasanya perang dilakukan secara fisik. Peperangan pada skala massal pasca berakhirnya era kolonial bukanlah perang langsung untuk memperebutkan wilayah. Saat ini, “peperangan” adalah memperebutkan persepsi dalam otak manusia. keberhasilan dalam mempengaruhi persepsi umat manusia akan memunculkan sebuah hegemoni. Artinya, hegemoni bukan lagi dibangun melalui hard power, tapi melalui soft power.

Menegakkan agama merupakan sebuah kewajiban yang telah dilupakan umat Islam. Tapi, banyak cara dalam melakukan hal itu. “Perang” melawan permasalah kebodohan dan kemiskinan dalam tubuh umat adalah salah satunya. Kebodohanlah yang mengakibatkan suburnya kemusyrikan dan tumpulnya budaya manusia unggul dalam diri umat. Kemiskinan mendekatkan pada kekufuran, jika kemiskinan itu telah menjadi masalah kultural, bukan lagi masalah struktural.

Cara pandang dan tafsir pada agama ini, juga beragam. Sekalipun itu penafsiran arus utama (mainstream), juga masih berbeda-beda pada titik tekannya. Ada yang menekankan pada penghambaan individu, hingga pada penekanan pelaksanaan Islam dalam kehidupan berjamaah, meskipun sama-sama mengatakan golongannya memandang Islam secara syumul (integral). Namun keintegralan cara pandang itu tetap tidak bisa menghilangkan ciri khas keber-agama-an sesuai yang diajarkan patron-patron dalam komunitasnya. Nah, sekarang, penafsiran Islam apa yang ingin anda yakini, laksanakan, dan tegakkan ?..Apapun itu, semoga kita bertemu pada akhir yang sama.

Advertisements


5 Responses to “Islam Seperti Apa ?”

  1. rasa2nya sy tau milis tersebut.

    *ceritanya blog baru neeh…

  2. 2 zaky

    udah dikirim belum review-nya ke http://www.longroadtoheaven.com? ada hadiahnya pak. gratis kok daftarnya. gud lak ya.

  3. Tetap semangat, Mif..

    Saya baru tau kalo blog-nya ganti…

    Awalan yang bagus!

  4. iye nih..blog baru..:-D
    tolong di link ye…..thx

  5. 5 Kawula Alit

    Kemungkaran itu jangan pake Nama nama Agama, jangan bawa bawa Asma Allah, kemungkaran itu yang membuat manusia itu sendiri, sekarang banyak ISLAM FANATIK ngaku nya memberantas kemungkaran, malah bikin Kemungkaran baru. Ingat ISLAM ITU RAHMATAN LIL ALAMIN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: